Sharing Internet via Wireless (Windows 7 Virtual Wi-Fi) - Indriawan dot Com | Informasi Dan Berita Online

Breaking

Post Top Ad

Space Iklan

Rabu, 22 Juni 2011

Sharing Internet via Wireless (Windows 7 Virtual Wi-Fi)


“Bagaimana sih cara membagi koneksi internet yang saya pakai dengan computer lain?”. Banyak sekali temen-temen yang bertanya untuk masalah ini. Sebetulnya ada 2 cara yaitu dengan Wireless dan LAN. Namun untuk tips kali ini saya akan menggunakan Wireless untuk tipsnya. “Trus bagaimana kalau pakai LAN?”. Artikelnya akan menyusul nanti jadi mohon sabar yah, ^^
Oya lupa, 1 tips lagi nih. Untuk mempraktekkan tips ini sebaiknya pada lingkungan yang kecil seperti rumah, bila digunakan pada lingkungan yang lebih besar maka sebaiknya anda menggunakan Router.

1.   Instalasi Koneksi
Dalam contoh ini, saya menggunakan koneksi EVDO via modem USB. Selain EVDO, anda juga bisa menggunakan modem USB dengan koneksi 3G,HSDPA, maupun CDMA.
·         Install modem USB seperti biasa sesuai dengan modem anda. Lalu coba anda praktekkan browsing dengan Firefox apakah koneksi internet sudah berjalan atau belum.
·         Bila belum, anda harus men-setting modem USB anda terlebih dahulu.
·         Bila sudah, buka Control Panel – Network and Sharing Center – klik Set up a new connection or network.
·         Dijendela yang muncul, pilih Set up a dial-up connection.

2.   Mengaktifkan Service yang Diperlukan
Sebelum mengaktifkan Virtual Wifi, ada beberapa service di Windows yang harus diaktifkan.
·         Buka Run dan ketikkan services.msc
·         Pastikan service yang bernama Internet Connection Sharing (ICS) dan Windows Firewall dalam keadaan aktif dengan status Automatic atau Manual.
·         Bila statusnya Disabled, klik 2x nama service-nya lalu ubah Startup Type-nya menjadi Automatic.
·         Jika muncul Error yang menyatakan “The Dependency service or group failed to start”, artinya ada service berkaitan yang sedang dalam keadaan tidak aktif atau disabled.
·         Solusinya, pilih tab Dependencies dan lihat daftar service yang ditampilkan. Apakah semuanya dalam keadaan aktif? Jika ada yang tidak aktif, aktifkan dengan cara pada point 3 di atas.
·         Restart PC.

3.   Menggunakan Virtual Wifi
Untuk menggunakan cara ini, hanya bisa pada system operasi Windows 7 karena hanya Windows 7-lah yang sudah dilengkapi software Virtual Wifi oleh pihak Microsoft.
·         Pastikan koneksi internet pada keadaan mati. Sebagai admin, buka command prompt (Run - cdm) dan ketikkan perintah “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaJaringanAnda key=PasswordJaringanAnda”. Untuk SSID, silakan anda isi sesuka anda (contoh: hotspotku) dan untuk Key, pastikan menggunakan password dengan 8 karakter (contoh: cobacoba). Sesudah itu, tekan enter dan akan keluar pemberitahuannya.
·         Jika sukses, pada Device Manager akan muncul adapter baru bernama Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Di Control Panel – Network Connections akan muncul koneksi baru yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Bila Virtual WiFi ini tidak muncul, anda bisa menggunakan driver lain baik yang resmi maupun pihak ketiga.
·         Langkah berikutnya adalah proses Sharing. Buka Control Panel – Network and Sharing Center. Dijendela sebelah kiri, klik Change adapter settings.
·         Klik kanan koneksi internet yang akan di-sharing, dalam hal ini adalah koneksi EVDO yang menggunakan modem USB dan pilih Properties.
·         Pilih tab Sharing, dan beri centang pada Allow other network users to connect trough this computer’s internet connection. Pada Home networking connection, pilih koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Dalam contoh saya adalah Wireless Network Connection 2. Jangan sampai keliru dengan koneksi menggunakan WLAN card anda (cara untuk mengetahuinya, lihat pada Network Connection lalu semua jenis koneksi pilih dengan type koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter ) lalu klik OK.

4.   Cara Penggunaan Virtual Wifi
Pada dasarnya, Virtual Wifi memang bisa dikendalikan pada command prompt. Namun daripada repot, kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Virtual Router dengan ukuran file 1,01 MB.
·         Install Virtual Router seperti biasa, jika sudah selesai tutup dulu Virtual Router-nya (bukan restart).
·         Aktifkan koneksi internet anda (modem USB) dan juga WLAN  card (tombol Wi-Fi pada laptop atau computer anda) lalu jalankan kembali aplikasi Virtual Router. Di Network Name dan Password, isikan sesuai dengan yang anda buat tadi pada command prompt (contoh tadi: Name-hotspotku, password-cobacoba). Pada Shared Connection, pilih nama koneksi yang anda pakai. Seperti contoh saya, koneksi yang dipakai adalah yang menggunakan modem USB EVDO. Klik Start Virtual Router.
·         Sekarang, dari computer lain yang ingin bergabung dengan Hotspot computer anda tinggal nyalakan Wifi-nya. Lalu klik icon koneksi yang ada pada system tray dan pilih nama jaringannya lalu klik Connect.
·         Masukkan password-nya, klik OK. Maka computer sudah bisa menggunakan hotspot.
·         Dijendela Virtual Router, bila ada computer atau perangkat lain yang terhubung ke hotspot, akan muncul tampilan IP Address sesuai laptop masing-masing.
·         Untuk mematikan hotspot, klik Stop Virtual Router lalu matikan WLAN card anda.
·         Selamat menikmati . . . ^^

5.   Troubleshooting
Q : Kenapa Virtual Router saya tidak mau jalan?
A: Pastikan urutan apengaktifan hardware yang benar adalah aktifkan internet, aktifkan WLAN card lalu jalankan Virtual Router.

Q: Saya berhasil menjalankan Virtual Router dan berhasil menhubungkan computer lain dengan Hotspot. Namun, ketika Virtual Router dimatikan dan dijalankan kembali, Virtual Router-nya tidak mau jalan?
A: coba restart Service Virtual Routernya, caranya : buka service.msc lewat kotak Run. Pilih VirtualRouterService lalu klik Restart this service.

Q: Bisakah saya menggunakan command prompt tanpa Virtual Router sama sekali?
A: Bisa, karena Virtual Router sebenarnya adalah wujud GUI dari dari perintah-perintah yang diberikan command prompt. Contohnya, untuk memulai pengaktifan hotspot, di command prompt anda bisa menuliskan perintah “netsh wlan start hostednetwork”. Untuk menghentikan “netsh wlan stop hostednetwork”.

Q: Di Virtual Router muncul IP address berupa IPv6 sehingga muncul peringatan IP Address could not be found?
A: Buka Control Panel – Network and Internet – Network Connections. Klik 2x pada koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Pilih tab Networking, hilangkan centang pada Internet Protocol version 6.

Q: Adakah software lain yang menyajikan fitur sama seperti Virtual Router?
A: Ada, namanya adalah Connectify yang bisa di download di www.connectify.me dengan ukuran 2,34MB. Namun, banyak kasus yang menyatakan bahwa dengan menggunakan Connectify bisa menyebabkan Blue Screen.

121 komentar:

  1. It's cool posts and cool blog.. I like it. I will bookmark your site on my browser now.

    BalasHapus
  2. bro, klo cara ngheack WiFi gmna yah ?? :)

    BalasHapus
  3. thx your share Informations and Tutorial...
    good luck y...

    BalasHapus
  4. makasih y dah berbagi tutorial and Info...
    salam kenal y gan good luck always

    BalasHapus
  5. thanks atas infonya,,,terimakasih,,,
    info ini sangat berguna buat kami, sebagai pengguna Wi.Fi

    BalasHapus
  6. thanks atas semua infonya,, kami tunggu sharenya infonya lagi..
    mantap

    BalasHapus
  7. @all : makasih semuanya atas komentarnya ^^

    BalasHapus
  8. panduan dan penjelasan yang sangat lengkap sekali,makasih dah berbagi infonya,,

    BalasHapus
  9. @jelly : siip deh klo bermanfaat sob ^^

    BalasHapus
  10. @belajar : siip deh sob . .

    BalasHapus
  11. Terima kasih ya Postingan ini sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  12. saya sudah mengikuti cara seperti di atas, tapi pada list shared connection di virtual router tidak ada koneksi yang bisa dipilih. bagaimana bisa demikian, tolong bantuannya. terima kasih.

    BalasHapus
  13. minta ymnya mas atau ad ym aq : archi.planer
    ada sdikit mau nanya2 neh mas.. please tangung uda jalan..

    BalasHapus
  14. Thanx Gan Nice Tutor

    BalasHapus
  15. masih udah working, tapi pas restart musti ketik netsh wlan start hostednetwork lagi. . . bisa ngk di setting otomatis langsung jadi pas restart

    BalasHapus
  16. saya sudah coba,, mengikut urutan pengaktifannya,, tapi masih tidak bisa berjalan. Dibagian Share connection masih kosong.. harap penjelasannya dan terimakasih,, sukses selalu buat Anda

    BalasHapus
  17. pas saya mengetikkan "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaJaringanAnda key=PasswordJaringanAnda" lalu saya enter kok yang keluar malah "The Wireless AutoConfig Service is not running". tidak bisa jalan, mohon bantuannya? Trima kasih

    BalasHapus
  18. misi gan..,
    kok sama ane VirtualRouternya pas di START muncul " Could not be started", masalahnya apa ya?

    BalasHapus
  19. Postingan yang menarik nih .. salam sukses ya!

    BalasHapus
  20. kontol caranya gk mau ! ! ! Pler lo

    BalasHapus
  21. thanks bro, gw coba jalan di win 7-64 bit, tapi full command.

    BalasHapus
  22. thank bro..atas pencerahannya, di tempat ane langsung jalan...cuma jarak jangkau nya pendek sekaleee..!untuk agan sumanto...gak ade lagi tuh bahasa yang halus...malu ah sebagai orang IT...orang tua anda akan sedih jika melihat jagoannya begini ngomongnya. ya ALLAH berilah petunjuk bagi beliau ini agar menjadi kebanggaan bagi orang tua nya. Amin...

    BalasHapus
  23. bro mau nanya, tutorial ini bisa diterapin di Windows 7 Starter ga ?

    BalasHapus
  24. om kok saya ngga bisa start virtual router nya, trus kok kotak shared connection nya kosong ? padahal modem udah saya connect.
    mohon bantuan nya om

    BalasHapus
  25. gan saya bisa konek tapi kenapa ngga mau browsing ya ??
    share nya padahal udah saya centang..

    BalasHapus
  26. ok juga nich artikelnya sya gk bakalan bosen nich berkomentar di sini ya itulah yg sya bilang artikelnya bagus bin amatapppppp....

    BalasHapus
  27. thank infonya,,But apa bisa diaplikasikan ke Windows 7 starter ?

    BalasHapus
  28. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  29. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  30. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  31. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  32. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  33. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  34. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  35. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  36. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  37. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  38. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  39. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  40. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  41. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  42. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  43. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  44. wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

    BalasHapus
  45. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  46. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  47. wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

    BalasHapus
  48. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  49. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  50. saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

    BalasHapus
  51. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  52. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    BalasHapus
  53. saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

    BalasHapus
  54. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  55. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  56. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  57. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  58. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  59. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  60. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  61. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  62. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  63. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  64. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  65. saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  66. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  67. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  68. thanks dah gan, kapan2 mAmpir ya

    BalasHapus
  69. mau nanya..kok muncul almt ip'ny g bs.solusiya mn ya?makasih

    BalasHapus
  70. kalo buat auto connetc nya gimana bang.cz tiap mau masuk harus minta connect

    BalasHapus
  71. kenapa kalo setiap start virtual connection shared connection saya selalu berubah yah?

    BalasHapus
  72. informasinya luar biasa sangat bermanfaat sekali...
    Banyak sekali ilmu pengetahuan yang saya dapatkan
    Terimakasih banyak atas informasinya ...
    Semoga semakin sukses

    BalasHapus
  73. Izin nyimaknya gan...
    ternyata banyak pelajaran yang saya dapatkan...
    Semoga bermanfaat dan sukses

    BalasHapus
  74. Informasinya sangat bermanfaat sekali...
    Terimakasih banyak...
    setelah saya berkunjung ke blog ini...
    Semakin banyak pengetahuan yang saya dapatkan...
    Semoga semakin sukses,

    BalasHapus
  75. informasinya sangat bagus sekali...
    saya suka..
    banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini....

    BalasHapus

  76. menarik banget artikelnya ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus

  77. infonya sangat menarik untuk saya simak,, nice infonya gan. sukses terus!!!!

    BalasHapus
  78. Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).
    Silahkan di hapus jika kurang berkenan :)

    ITUPOKER.COM AGEN POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

    BalasHapus
  79. terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat..
    sukses selalu

    BalasHapus
  80. mantap,..
    Info yang sangat bermanfaat,..
    Semoga ilmu anda bertambah,..
    Indahnya berbagi,..

    BalasHapus
  81. Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
    semoga sukses

    BalasHapus
  82. terimakasih banyak info nya
    Bermanfaat sekali
    Semoga sukses

    BalasHapus
  83. . setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  84. nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

    BalasHapus
  85. wah,,ilmu baru,,saya belum pernah nyoba nih sebelumnya,hehe

    BalasHapus
  86. Infonya mantab banget. Terima kasih sudah berbagi. Semoga sukses dan salam kenal dari kami...

    BalasHapus
  87. i appreciate that you produced this wonderful article Obat Mata Silinder

    BalasHapus
  88. i appreciate that you produced this wonderful article obatpemutihkulitpria.mkes.info

    BalasHapus
  89. i appreciate that you produced this wonderful article Obat Abses Payudara

    BalasHapus
  90. i appreciate that you produced this wonderful article Eye Care Softgel

    BalasHapus
  91. i just want say that this article is very nice and very informative article Obat Gondok Tanpa Operasi

    BalasHapus
  92. i just want say that this article is very nice and very informative article Obat Gondok Tanpa Operasi

    BalasHapus
  93. i just want say that this article is very nice and very informative article Glucoberry

    BalasHapus
  94. i just want say that this article is very nice and very informative article Obat Kista Ganglion

    BalasHapus
  95. i just want say that this article is very nice and very informative article Glucoberry Original

    BalasHapus
  96. i just want say that this article is very nice and very informative article Obat Pemutih Kulit

    BalasHapus
  97. this website is very awesome, i'm very happy to visit your website http://obatalergikulitalami.mkes.info/

    BalasHapus
  98. this website is very awesome, i'm very happy to visit your website obatradangtenggorokan79.mkes.info/

    BalasHapus
  99. thank for the information, i'm very happy to visit your website http://eyecaresoftgel.mkes.info/

    BalasHapus
  100. thanks infonya, nga punya masalah pas buat virtual wifinya,cmn kalau mau dikonekkan data internetnya nga jalan, kalau diandroid ada peringatan "internet mungkin tidak tersedia", punya solusinya nga?

    BalasHapus
  101. Terima Kasih ya Gan, Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan..
    jangan lupa berkunjung yah gan^^
    judi online
    situs judi online
    roulette
    roulette online
    baccarat
    baccarat online
    casino online
    live casino
    agen casino
    judi casino

    BalasHapus
  102. The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing... pokerbo

    BalasHapus

Post Top Ad

Space Iklan